Jalan Jalan Keluar Negeri Pertama Kali

Panduan hemat mengunjungi negara Singapura 


Saya sangat ingat seluruh hal dalam perjalanan pertama saya keluar negeri, Awalnya saya di ajak teman kantor untuk berpergian keluar negeri, karena ini hal yang pertama, pastinya saya sangat tertarik dan ikut membeli tiket pesawat. Perjalanan pertama saya ini bukanlah negara Eropa apalagi Amerika, melainkan adalah Singapura, Negara yang kata orang sangat bersih, teratur dan moderen, tentunya beda banget dengan Indonesia apalagi tempat tingal saya Bali.

Menunggu hari keberangkatan adalah hal yang membuat saya tidak sabar, dan ternyata sebelum saya berangkat, teman kantor saya batal dan mengakibatkan saya harus pergi sendiri. Tapi saya tidak mau ikut batal, pasti ada cara untuk membuat trip pertama saya lebih menarik.

Alasan Kenapa Singapore menjadi objek wisata saya? Selain Singapore memiliki kota yang bersih dan modern seperti negara Eropa singapore adalah negara tetangga yang dekat dan murah untuk di kunjungi, waku itu Harga tiket PP Bali - Singapore sebesar Rp. 650,000 ribu kurang lebih untuk harga promosi, tapi kalou tahun 2018 tiket peromo paling murah dikisaran Rp 900,000 Ribu Pulang Pergi.

Hal hal yang perlu disiapkan untuk kalian yang baru pertama kali keluar negri.


  1. Identitas Internasional ( Passport ) Biaya hanya 350rb untuk masa berlaku 5 tahun. 
  2. Koper atau tas ( masing masing memiliki kelemahan dan kelebihan, jika koper tidak berat karena tingal dorong tapi terkadang susah dibawa kemana mana, jika tas sangat praktis akan tetapi lama kelamaan berat jika terus dibawa. 
  3. Pakaian, Pakaian tidak perlu banya, untuk kalian yang pertama kali traveling, beberapa celana dan kaos yang ringan cocok untuk traveling, tidak berat dan mudah di simpan. 
  4. Uang Saku, Jika kalian hanya jalan jalan dan makan secukupnya, tidak banyak biaya kok, makanan disana harga mulai Rp 50,000/ porsi dan transportasi disana pun cukup murah, kurang lebih 100rb / hari untuk moda transportasi MRT atau kereta bawah tanah. 
  5. Sedikit Bahasa dan Mental. ( Singapore adalah negara tetangga yang penduduk nya masih bisa berbahasa melayu, ya hampir mirip bahasa indonesia lah, jadi cocok buat kalian yang pemula agar memiliki pengalaman keluar negeri ( murah, nyaman dan aman ) 
  6. Harus baca tata tertib berwisata, seperti tidak boleh buang sampah sembarangan, makan sembarangan, nyebrang sembarangan dan tidak boleh makan permen karet ( so, tertib banget kan, kalou kalian melanggar denda nya lumayan lo kisaran SGD 1000 hingga SGD 5000 dalam rupiah sekitar sepuluh juta ) 
  7. Pesan Hotel Melalui beberapa situs seperti www.agoda.com atau www.booking.com atau www.airbnb.com
Berangkat pagi dari Bandar udara Ngurah Rai Airport dan tiba siang hari karena perjalanan ditempuh kurang lebih 2,5 jam, tiba di bandara tentunya harus menunggu bagasi atau langsung melewati pemeriksaan petugas imigrasi, nah karena ini adalah kali pertama saya melakukan perjalanan jauh plus pertama kali naik pesawat, jadi perasaan campur aduk, karena otak sudah mumet, saran saya langsung mencari konter bus untuk transportasi ke hotel tujuan, dan biaya kisaran 150rb per orang.

Tiba di Hotel, rehat sejenak, dan here we go saatnya explore Negara Singa. ada banyak tempat yang kamu bisa kunjungi antara lain; Merlion Park, Sentosa Island, China Town, Bugis street, Orchard road, dan banyak lagi, udah segini ya ulasan jalan jalan Saya yang pertama, jika kalian suka dan ada pertanyaan inget isi kolom komentar ya :) dan semoga balik dari Singapore kalian bisa juga menjaga lingkungan agar tetap bersih ya.

Tips Tambahan : 

  1. Tingal di singapore 3 malam 4 hari menurut saya cukup untuk bisa mengunjungi semua tempat wisata disana.
  2. Rancangan perjalanan ( H1 Tiba di singapore menuju hotel, istirahat sedikit dan jalan jalan sore di sekitar hotel.  H2 Sentosa Island hingga jam 2 sore dan mengunjungi Marlion Park, Esplanade, Marina bay, plus dinner di foodcourt mall. H 3 Visit Orchard Road, Bugis Street China Town. H4 siap siap ke bandara dan menikmati Bandara megah dan besar. 
  3. Untuk Tiket Pesawat Airasia.com sering offer special harga atau JetStar.Com nah kalou mau yg lebih nymana bisa pakai Garuda atau bahkan Singapore Airline, Beli tiket jauh jauh hari atau tunggu saat mereka ada special offer. 
  4. Where to stay? Nah untuk tempat tinggal kalian bisa stay di daerah China Town atau  clarke quay, Kisaran Hotel bintang Tiga mulai 800rb per malam kadang tidak termasuk sarapan dan internet harus bayar dan jika ingin hemat, Hotel Kapsul bisa menjadi pilihan dengan harga kisaran 250/ orang sudah termasuk sarapan dan internet.
  5. Air Minum di Singapore sangat bersih dan bisa langsung di minum, Jadi siapkan botol air isi ulang jika melakukan perjalanan, lumayan bisa isi ulang dimana saja, Bahkan di toilet 😅
  6. Inget jangan buang sampah, menyebrang, berludah, jajan sembarangan plus tak boleh makan permen karet. 
  7. Kalkulasi biaya perjalanan jika jalan jalan sendiri, ( hotel 3 malam 1,5jt, tiket pesawat 1,5Jt pp, makan 200rb perhari sudah termasuk cemilan, biaya transport 300rb buat 3 hari. Oleh oleh sesuai budget. 
Jadi itu beberapa hal penting ya, semoga bermanfaat 


See you di next blog ya, salam



Merlion Park Singapura - 2009



Comments